Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan




Alhamdulillah segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam yg banyak menganugerahkan rahmat di bulan suci Ramadhan sebagai bulan yg paling mulia dari bulan-bulan yg lain. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Rasulullah SAW beserta keluarga dan segenap sahabatnya serta seluruh kaum Muslimin yg mengikutinya. Amma ba’du. Wahai kaum Muslimin bertakwalah kepada Allah mohon taufik kepada-Nya agar bisa mencapai cita-cita baik dan ampunan dari segala dosa. Wahai hamba Allah sesungguhnya bulan Ramadhan adl bulan yg paling mulia sumber segala rahmat dan kebaikan. Bulan Ramadhan bagaikan untaian kalung berlian yg menghias leher tiap bulan. Sebab pada bulan itu Allah memberi keberkahan dan maghfirah kepada hamba-hamba-Nya. Dalam bulan itu Malaikat turun utk ikut memanjatkan doa dan pujian agar mereka beroleh ampunan dan keridhaan-Nya.

Wahai kaum Muslimin sesungguhnya puasa di bulan Ramadhan wajib hukumnya berdasarkan nash Kitabullah dan sunnah Rasul-Nya. Rasulullah SAW menganjurkan agar berpuasa di bulan ini dan melakukan qiyamulail . Beliau menjelaskan apa yg harus dilakukan pada bulan ini apa yg disunahkan dan apa yg diharamkan berdasarkan petunjuk Allah SWT. Sesungguhnya bulan Ramadhan adl bulan yg agung dan penuh keberkatan. Pada bulan ini semua pintu kebaikan dibuka lebar-lebar. Orang-orang yg senang memperoleh kebaikan dapat memperoleh kebaikan dunia keni’matan akhirat dan keberkatan Ramadhan. Nama mereka terdaftar dalam buku orang-orang yg diberkati yakni orang yg mendapatkan ridha dan ampunan-Nya. Karenanya mereka tidak pernah merasa khawatir atau susah.

Wahai hamba Allah sesungguhnya Islam telah menganjurkan kaum Muslimin semua utk berlomba meraih kebaikan di tiap waktu khususnya di bulan Ramadhan. Karenanya memberikan kasih sayang keadilan santunan dan persaudaraan sangat dianjurkan oleh syari’at. Pada bulan itu semua amal dilipat gandakan pahalanya melebihi bulan-bulan lainnya. Oleh krn itu hawai kaum Muslimin berlomba-lombalah sekuat tenaga utk melakukan kebajikan krn sesungguhnya Allah SWT sangat menyintai orang-orang yg penuh rasa kasih sayang di antara hamba-hamba-Nya. Yakni mereka yg berlomba melakukan amal kebaikan krn mengharap pahala dan ridha dari sisi-Nya.

Bulan Ramadhan mengingatkan perhatian kita kepada saudara-saudara yg miskin mendidik kita agar ikut merasakan dan menghayati apa yg dirasakan oleh kaum lemah. Yakni mereka yg tidak memiliki harta benda utk mencukupi kebutuhan hidup mereka. Kaum Muslimin yg bebahagia jadilah kalian orang yg gemar melakukan perbuatan-perbuatan mulia dan bersedekah semoga Allah mengganti apa yg kalian infakkan berupa kebajikan. Orang yg berpuasa ketika merasa lapar dan dahaga akan terasa olehnya betapa berat penderitaan yg dirasakan oleh kaum fakir miskin sepanjang siang danmalam hari dalam kelparan dan kekurangan. Dengan demikian tumbuhlah rasa kasih sayangnya kepada mereka sehingga terbentuklah suatu masyarakat yg tumbuh di dalamnya rasa kasih sayang aantar sesama saling menyintai dan penuh kasih keakraban.

Sesungguhnya dalam puasa Ramadhan itu terkandung etika akhlak dan faedah yg membuat manusia senantiasa ingin melakukan kebaikan dan berpegangan pada akhlak para Nabi. Seseorang yg sedang berpuasa diharuskan berpegangan pada akhlak luhur danpekerti mulia semampu mungkin utk itu ia dituntut agar memelihara dirinya dari semua perbuatan hina dan rendah. Wahai hamba Allah ketahuilah baha sesungguhnya puasa itu bukan sekadar menahan diri dari makan danminum. Tetapi puasa merupakan salah satu syi’ar syari’at Islam yg dalam pengamalannya menunjukkan ketaatan seorang hamba kepada perintah-perintah-Nya dan merupakanpertanda kebaikan tingkah laku seorang hamba serta tanggung jawabnya dalam memelihara perintah-perintah syari’at yg mulia.

Allah SWT telah berfirman yg artinya “Hai orang-orang yg beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”. Maasyiral Muslimin rahimakumullah! Dari pemaparan singkat di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa bulan Ramadhan adl bulan mulia yg didalamnya terdapat penuh berkah oleh krn itu sangatlah beruntung bagi orang-orang yg mengimaninya dan berlomba-lomba memperpbanyak ibadah dan kebaikan-kebaikan lainya. Allah SWT telah mewajibkan kebada orang-orang yg beriman utk berpuasa di bulan suci itu maka marilah kita bersama menyambut datangnya bulan penuh berkah ini semoga amalan-amalan kebaikan dan ibadah kita diterima oleh Allah SWT serta diampuni dosa-dosanya yg telah lalu amin! Al-Islam Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia
sumber file al_islam.chm

0 komentar: